Tips Cara Mengatasi Laptop Crash atau Hang

Written By Unknown on Thursday 12 June 2014 | 16:58

Assalamua'laikum wr.wb.

Tips Cara Mengatasi Laptop Crash atau Sering Hang. Komputer atau laptop anda mungkin sedang mengalami crash atau hang yang mengakibatkan rasa jengkel karena sedang asik main game misalnya, meyelesaikan tugas pekerjaan sehari-hari atau menulis blog dan yang lainnya jadi terganggu dan terhambat. 

Hal seperti itu pun terjadi pada penulis pribadi beberapa hari yang lalu tepatnya dua hari kebelakang. Dan penulis kali ini ingin berbagi tips dari pengalaman penulis tempo hari karena akhir-akhir ini laptop yang selalu digunakan untuk game anak serta browsing dan blogging yang penulis lakukan sering sekali hang jika membuka aplikasi seperti Mozilla Firefox yang sering mengalami galat, game atau aplikasi lainnya yang hang bahkan sering sekali laptop restart sendiri secara otomatis.

Laptop yang penulis gunakan adalah laptop merk Axioo yang usianya sudah cukup lama dari 2009 sampai sekarang dan menggunakan dual boot yaitu dengan operating system windows xp dan linux Lubuntu. Pertamakali mulai crash pada saat itu sedang menggunakan Mozilla Firefox di windows xp yang tiba-tiba mengalami laman galat dan error secara terus menerus dan menduga dari koneksi internet yang bermasalah, dan akhirnya saya pun melakukan restart ulang untuk masuk ke linux, tapi ternyata laptop malah restart lagi beberapa kali hingga akhirnya bisa masuk ke system Linux.

Setelah system berhasil masuk saya pun coba membuka lagi Firefox dan ternyata tetap sama seperti kejadian tadi pada system windows hingga akhirnya laptop pun restart sendiri, dan akhirnya saya kembali lagi ke system windows dengan susah payah karena beberapa kali laptop restart, karena penasaran saya coba lakukan scaning dengan anti virus smadav made in indonesia yang cukup ringan karena siapa tahu ada virus yang menyelinap, yang ternyata hasilnya komputer dalam keadaan baik tanpa ada virus.

Teringat pada perubahan RAM (Random Access Memory) yang tadinya satu keping RAM 1GB sudah saya tambahkan dengan satu keping lagi RAM 512MB yang totalnya menjadi 1,5GB dalam 2 keping RAM, apakah mungkin ini penyebabnya? Dan memang benar crash atau hang dari laptop ini akibat dari RAM tersebut.

Berikut ini adalah tips cara mengatasi hang pada laptop yang penulis lakukan:
  • Balikan posisi laptop dalam keadaan tertutup tentunya, sehingga posisi yang bawah menjadi diatas, kemudian buka skrup penutup RAM menggunakan obeng plus.
http://tahyu.blogspot.com/2014/06/tips-cara-mengatasi-laptop-crash-atau-hang.html
  • Setelah penutup RAM terbuka coba lepaskan RAM menggunakan jari kearah luar atau sisi RAM seperti pada gambar di bawah yang ditunjukan oleh kedua anak panah.
http://tahyu.blogspot.com/2014/06/tips-cara-mengatasi-laptop-crash-atau-hang.html

  • Maka RAM akan sedikit mengangkat, selanjutnya setelah RAM mengangkat cabut RAM dengan hati-hati.
http://tahyu.blogspot.com/2014/06/tips-cara-mengatasi-laptop-crash-atau-hang.html
  • Setelah RAM terlepas sekarang cobalah bersihkan lempengan RAM yang di beri lingkaran seperti diatas menggunakan penghapus pensil, biasanya jika penyebab hang laptop akibat dari kotornya RAM maka akan teratasi. Jika sudah bersih tidak ada kotoran, sekarang coba masukan lagi ke soket RAM yang ada pada laptop dan berikan sedikit tekanan jari supaya terkunci.
  • Coba nyalakan laptop! Jika laptop lancar berarti kotoran itulah penyebab laptop crash akibat kurang konek RAM dengan soket Laptop.
  • Karena laptop penulis masih terjadi hang setelah melakukan pembersihan RAM, maka satu RAM 512MB coba di lepas dan coba nyalakan lagi laptop, dan akhirnya laptop lancar dalam melakukan restart dan membuka aplikasi seperti biasa. 
Berarti kerusakan ada pada RAM tersebut. Akhirnya laptop kembali normal seperti semula, tapi dengan RAM yang hanya 1GB saja.

Demikian postingan kali ini dari pengalaman penulis tentang Bagaimana Tips Cara Mengatasi Laptop Mengalami Crash atau Hang. Mungkin cara ini hanya salah satu cara saja dari berbagai cara untuk mengatasi laptop hang, karena bisa saja akibat dari hard disk low space, terlalu banyaknya file sampah, terlalu banyak aplikasi yang di install atau mungkin juga akibat dari kurangnya memory.

Sekian, semoga bermanfaat...

Ditulis Oleh : Unknown ~inPOSTING

Tahyu Anda sedang membaca artikel berjudul Tips Cara Mengatasi Laptop Crash atau Hang yang ditulis oleh inPOSTING yang berisi tentang :Bagaimana cara mengatasi laptop atau komputer yang sering hang dan aplikasi crash Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini tanpa menyertakan link blog ini.

Blog, Updated at: 16:58

4 Komentar:

  1. gak berani ih buka-buka daleman laptop kayak gitu, takut salah buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak biasa bongkar laptop gak usah deh resikonya lumayan, lebih baik serahkan aja ke ahlinya.
      thank ya kunjungannya...

      Delete
  2. boleh gabung bro?

    ReplyDelete
  3. mkasih infonya mas

    ReplyDelete