Cara Perpanjangan STNK 5 Tahun

Written By Unknown on Monday 27 May 2013 | 00:00

http://tahyu.blogspot.com/2013/05/cara-perpanjangan-stnk-5-tahun.html
SAMSAT SOREANG

Kebetulan pada tanggal 15 mei 2013 kemarin saya melakukan Perpanjangan STNK 5 tahun untuk motor  Astrea Honda Legenda-ku yang jatuh tempo pada tanggal 23 mei 2013 yang tempatnya di SAMSAT SOREANG kab.Bandung yang beralamat di Gading Tutuka.

Untuk rekan-rekan yang baru pertama kali perpanjangan stnk 5 tahun ataupun 1 tahun mungkin pengalaman saya pada postingan ini bisa bermanfaat bagi anda pembaca blog ini.

Sebelum berangkat ke Samsat sediakan dulu berkas-berkas berikut:
  • BPKB asli (jika BPKB masih sekolah di bank, minta surat keterangan pada Bank bersangkutan)
  • KTP asli (sesuai dengan nama pemilik kendaraan).
  • STNK asli.
  • FC (BPKB, STNK, dan KTP) masing-masing rangkap 2 untuk persediaan.
  • 1 Map.
  • Terakhir jangan lupa bawa duit untuk bensin, jajan dan bayar perpanjangan STNK.

Pagi harinya sekitar jam 9.00 WIB saya berangkat dari rumah menuju SAMSAT dengan membawa berkas-berkas dan sampai ketempat tujuan sekitar jam 9.45 WIB, setibanya disana motor langsung saya parkir dan antri di tempat cek fisik kendaraan yang sudah disediakan yang ada tendanya.

http://tahyu.blogspot.com/2013/05/cara-perpanjangan-stnk-5-tahun.html
Cek Fisik
 Serahkan berkas tersebut pada petugas cek fisik untuk diperiksa sebelum melakukan cek fisik kendaraan, setelah pemeriksaan dan sesuai dengan kendaraan maka cek fisik dilakukan, tapi usahakan membawa obeng untuk membuka body motor dimana tempat nomor rangka kendaraan berada dan itupun di bongkar sendiri tidak oleh petugas pada saat itu (aneh juga sih... padahal kita kan bayar?).

Setelah cek fisik, motor saya rapihkan sendiri kembali (aneh lagi) dan parkir ditempat parkir, kemudian petugas memberikan berkas-berkas kita kembali dan kertas HASIL PEMERIKSAAN & CEK FISIK KENDARAAN BERMOTOR, sambil minta uang Rp.5.rb dan uang jasa cek fisik berapa aja terserah katanya, dan saya kasih lagi Rp.5rb, total jadi Rp.10rb.
Sambil bawa berkas saya di suruh masuk ke tempat Pengesahan cek fisik (gratis), kemudian bawa lagi berkasnya ke ruang atas tempat perpanjangan STNK, jangan lupa untuk memeriksa lagi berkas yang ada di map seperti : BPKB, FC BPKB, STNK, FC STNK, KTP, FC KTP apakah ada semua? Setelah lengkap masukan berkas ke loket PENDAFTARAN PENGESAHAN 5 TAHUN GANTI STNK, tunggu sebentar nanti kita di panggil lagi dan BPKB dikembalikan pada kita dari petugas.

http://tahyu.blogspot.com/2013/05/cara-perpanjangan-stnk-5-tahun.html
Loket Pendaftaran
Kemudian kita menunggu sekitar 30 menit sebelum dipanggil dari tempat PEMBAYARAN (pembayaran sebesar Rp.234rb untuk motorku Legenda tahun 2002), setelah pembayaran  selesai kita menunggu lagi sekitar 20 menit untuk pemanggilan dari loket PENYERAHAN STNK dan kita menerima STNK dan KTP kita, oleh petugas di suruh photo copy STNK-nya (tempat photo copynya ada disana) untuk pengambilan Plat Nomor Kendaraan yang tempatnya di bawah di belakang gedung SAMSAT sebelah kiri, dan jangan lupa untuk membawa plat nomor bekasnya satu saja dan FC STNK baru untuk pengambilan Plat Nomor baru.

Nah itulah pengalamanku dari PERPANJANGAN STNK 5 TAHUN, dan mungkin untuk perpanjangan 1 tahun yang di siapkan hanya KTP, STNK dan FC BPKB saja tidak perlu cek fisik.

Untuk perpanjangan satu tahun selain di SAMSAT bisa juga dilakukan di ITC kebon kalapa bandung, Bank BJB dan mungkin di outlet atau Bank lainnya yang tidak saya ketahui, bagi yang tahu tempatnya mohon di share disini melalui kolom komentar supaya pembaca lainpun bisa mengetahuinya.

Ditulis Oleh : Unknown ~inPOSTING

Tahyu Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Perpanjangan STNK 5 Tahun yang ditulis oleh inPOSTING yang berisi tentang :Cara Perpanjangan STNK 5 Tahunan, Samsat soreang,plat nomor kendaraan baru,bayar pajak motor, mengurus perpanjangan stnk Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini tanpa menyertakan link blog ini.

Blog, Updated at: 00:00

5 Komentar:

  1. ribet jg yah klo prpnjgn 5thn cek fisiknya!

    ReplyDelete
  2. ribet jg yah klo prpnjgn 5thn cek fisiknya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang cukup ribet harus ini itu, tapi untungnya cuman 5th sekali...

      Delete
  3. Anonymous12:48

    Deny Afriyana Deded:
    ribet jg yah klo prpnjgn 5thn cek fisiknya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah... itulah indonesia gan, kita yang ribet kita juga yang harus bayar....

      Delete