Rangkaian dan Software Auto Shut Down untuk Laptop/Pc

Written By Unknown on Thursday 23 December 2010 | 16:05

Rangkaian dan Software Auto Shut Down untuk Laptop/Pc, berawal dari seringnya saya mendownload software sampai-sampai saya harus ketiduran dan lupa kalau laptop masih menyala sampai pagi dan power adafter masih menancap di terminal listrik(berhubung baterai laptopku agak drop hanya bertahan 1 jam saja). Tentunya hal ini menyebabkan pemborosan pada listrik karena misalkan software yang kita download hanya memerlukan waktu 3 jam, sementara kita ketiduran dari jam 10 malam sampai jam 5 pagi berarti kita sudah melakukan pemborosan listrik sekitar 4 jam yang tidak terpakai, dan juga akan berdampak buruk pada laptop kalau keseringan seperti ini.

Maka dengan hal itu saya kepikiran untuk membuat rangkaian dan mencari software yang bisa shut down laptop secara otomatis. Berhubung saya menggunakan ubuntu jadi saya akan memberikan cara mendapatkan software tersebut, karena di ubuntu saya rasa cukup mudah untuk mendapatkan softwarenya yang tentunya gratis alias free.

Begini caranya untuk mencari atau install software di ubuntu:
  • Klik menu Application, kemudian arahkan mouse ke Ubuntu Software Center dan Klik disana.
cara mendownload di ubuntu

  •  Maka akan muncul Ubuntu Software Center yaitu sebuah aplikasi untuk mencari, install/remove dan mendownload sebuah software di ubuntu.

download software di ubuntu

  • Kemudian ketikan Shutdown atau qshutdown pada bar yang tersedia, kemudian enter. Maka akan muncul software-software yang berhubungan dengan shutdown, bila software telah terinstall maka akan ada tanda ceklis/centang bila tidak ada berarti belum terinstall di komputer.
  • Kemudian klik "qshutdown", klik install.
  • Tunggu beberapa saat karena software sedang di download dan di install secara otomatis
  • Bila berhasil maka akan ada gambar wajah kuning berkacamata muncul di panel seperti pada gambar diatas.
  • Untuk menjalankannya cukup mudah tinggal klik dan atur berapa menit atau jam berapa Laptop/Pc akan shutdown/restar/standby/hibernate, kemudian klik Ok. 
Aplikasi shutdown otomatis untuk pc

  • Selesai
Kalau untuk windows cari saja softwarenya di Google, atau di setting di komputernya supaya bisa shut down dengan cara di waktu.
Bila ingin bersamaan dengan shut down listrik pun tidak mengalir(off) tanpa kita mencabut steker dari terminal listrik sahabat memerlukan sebuah rangkaian untuk memutuskannya, coba lihat di blogku Rifafa Electronic untuk merangkainya.

Sekian, semoga bermanfaat.......

Ditulis Oleh : Unknown ~inPOSTING

Tahyu Anda sedang membaca artikel berjudul Rangkaian dan Software Auto Shut Down untuk Laptop/Pc yang ditulis oleh inPOSTING yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini tanpa menyertakan link blog ini.

Blog, Updated at: 16:05

0 Komentar:

Post a Comment